Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPAPenulis : Mohammad GhufronDosen Pembimbing I : Yunin HidayatiDosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno WulandariAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model guided inquiry berbasis pendidikan karakter. Jenis penelitian yang digunakan dengan teknik One-shot case study. Populasi dalam penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIIA SMPN 1 Tanah Merah. Sampel penelitian yaitu peserta diidik kelas VII A. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Respon peserta diidik terhadap penerapan model guided inquiry berbasisis pendidikan karakter sebesar 85% dengan kategori sangat baik.
AbstractionThis study aims to determine the response of students to the guided inquiry model based on character education. This type of research is used with the One-shot case study technique. The population in the study used was students of class VIIA SMP 1 Tanah Merah. The research sample is class VII A students. The data analysis technique uses statistic descriptif. Based on the results of the study it can be concluded that the students' response to the application of the guided inquiry model based on character education was 85% with a very good category.