Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI CAHAYA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN
    Penulis : Wardatun Najiyah
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dan faktor penyebab kesalahan siswa menyelesaikan soal pada materi cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods) dengan sifat dominant-less dominant. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-I MTsN Bangkalan yang berjumlah 32 siswa. Tes yang digunakan terdiri dari 4 soal uraian berdasarkan prosedur Newman. Wawancara dilakukan kepada 3 siswa dari kategori tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian 10,60% siswa mengalami kesalahan membaca (reading), 14,33% siswa mengalami kesalahan memahami (comprehension), 20,34% siswa mengalami kesalahan transformasi (transformation), 22,92% siswa yang mengalami kesalahan keterampilan proses (process Skill), dan 31,81% siswa yang mengalami kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding). Hasil wawancara menunjukkan bahwa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah siswa bingung dalam menggunakan simbol pada soal yang diberikan, tidak paham materi, lupa dan bingung menuliskan kata kunci informasi dari soal, tidak teliti dalam menentukan hal yang diketahui dan permasalahan dalam soal, tidak mengetahui rumus atau metode yang akan digunakan untuk memecahkan masalah, salah dalam memilih metode atau rumus dan malas pada hitung-hitungan

    Abstraction

    This study aims to determine the percentage and factors that cause students to solve problems in light material. This research is a mixed method with dominant-less dominant character. The research subjects were 32 students of class VIII-I MTsN Bangkalan. The test used consists of 4 description questions based on Newman's procedure. Interviews were conducted on 3 students from the high, mediumand low categories. Based on the results of the study 10.60% of students experiencing reading errors, 14.33% of students experience comprehension errors, 20.34% of students experience transformation errors, 22.92% of students experience process skill errors (process Skill), and 31.81% of students who experience an error writing the final answer (encoding). The results of the interview showed that the factors causing students to make mistakes were students confused in using symbols on the questions given, not understanding the material, forgetting and confused writing the information key words from the questions, not careful in determining what was known and problems in the problem, not knowing the formula or the method that will be used to solve the problem, is wrong in choosing a method or formula and lazy on the calculations

Detail Jurnal