Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY DENGAN STRATEGI MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWAPenulis : HeriyantoDosen Pembimbing I : Fatimatul MunawarohDosen Pembimbing II :Irsad RosidiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Guided inquiry dengan strategi mind mapping pada materi cahaya dan alat optik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental yang menggunakan desain one group pretest and postest. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Modung dengan sampel kelas VIII-A. Teknik pengambilan data menggunakan teknik angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model Guided inquiry dengan strategi mind mapping. Hasil analisis data diperoleh rata-rata angket respon siswa yang menjawab sangat setuju sebesar 49% dari semua siswa, 50% menjawab setuju, 1% menjawab tidak setuju dan tidak ada siswa yang menjawab sangat tidak setuju. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran Guided Inquiry dengan strategi Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa mendapat respon yang sangat baik dari siswa.
AbstractionThis study aims to determine student responses to Guided inquiry learning models with mind mapping strategies in light material and optical devices. This research is a kind of pre-experimental research that uses the design of one group pretest and posttest. The population used was class VIII 1 Modung Junior High School with a sample class VIII-A. Data retrieval techniques used questionnaire techniques to determine student responses to Guided inquiry models with mind mapping strategies. The results of data analysis obtained an average response questionnaire of students who answered strongly agree as much as 49% of all students, 50% answered agreed, 1% answered disagree and no students answered strongly disagree. Based on this, Guided Inquiry learning with Mind Mapping strategies on students' creative thinking abilities gets a very good response from student.