Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN METODE FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA TOPIK ZAT DAN KARAKTERISTIKNYAPenulis : Miftahul RiskyDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh,S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Si.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan mengetahui persentase miskonsepsi dan faktor penyebab miskonsepsi siswa pada topik zat dan karakteristiknya. Metode four tier diagnostic test merupakan pengembangan tes diagnostik tiga tingkat. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Bangkalan. Sampel penelitian yaitu kelas VIID yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik yang terdiri dari 20 soal topik zat dan karakteristiknya dengan metode four tier test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata miskonsepsi siswa sebesar 34% siswa mengalami miskonsepsi, siswa paham konsep sebesar 36%, siswa tidak paham konsep 19%, dan 11% siswa error. Hasil wawancara menunjukkan bahwa faktor penyebab miskonsepsi siswa adalah kemampuan siswa, minat belajar, konsep awal siswa, intuisi yang salah dan konteks. Kata Kunci: Four tier diagnostic test, miskonsepsi, zat dan karakteristiknya
AbstractionThis study aims to determine the percentage of misconceptions and factors that cause student misconception on the topic of the substance and its characteristics. The four tier diagnostic test method is the development of a three-level diagnostic test. The study population was seventh grade students of Bangkalan State MTs. The research sample was VIID class which amounted to 32 students. Sampling using purposive sampling technique. The instrument used is a diagnostic test which consists of 20 topic matter questions and their characteristics with the four tier test method. Based on the results of the study, the average student misconception was 34% of students experiencing misconceptions, students understood the concept by 36%, students did not understand the concept of 19%, and 11% of students had errors. The results of the interview indicated that the factors causing student misconception were students 'abilities, interest in learning, students' initial concepts, wrong intuition and context. Keywords: Four tier diagnostic tests, misconceptions, substances and characteristics