Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWAPenulis : Nur Aini IzahDosen Pembimbing I : Yunin HidayatiDosen Pembimbing II :Irsad RosidiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model PBL dengan strategi metakognitif pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP NU Ma’arif Benjeng di kelas VII-1 dan VII-2 Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) keterlaksanaan model pembelajaran PBL dengan strategi metakognitif diperoleh nilai rata-rata 92,42% dengan kategori sangat baik.
AbstractionThis study aims to know the implementation of PBL model with metacognitive strategies on environmental pollution materal. The type of research used was experimental research with a quasi experimental design. This research was conducted at SMP Ma’arif NU Benjeng in class VII-1 and VII-2 2018/2019. The sampling technique used purposive sampling. Data collection used observation, tests, questionnaires, and documentation. The results of the study and data analysis showed that: (1) the implementation of PBL model with metacognitive strategy is obtained average value of 92,42% with very good category.