Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Respon Siswa Terhadap Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Kemampuan Representasi Simbolik Siswa SMP
    Penulis : Moh. Zainal Abidin
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kemampuan representasi simbolik siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan metode one group pretest-posttest. dan dilaksanakan di MTs NU Mojosari, Loceret, Nganjuk. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII dengan sampel kelas VIII E. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing per indikator diperoleh rata-rata 80,18% dengan kategori sangat baik.

    Abstraction

    This research aims to find out the student responses toward the effectiveness of guided inquiry learning model on symbolic representation ability of junior high school student. The research was kind of pre-experimental with one group pretest - posttest methods and was conducted at Nahdlatul Ulama Islamic Junior High School of Mojosari, Loceret, Nganjuk. The population of this research is the student of VIII class with samples on VIII E class. Data collection technique was used observation, questionners, and documentation. Based on student respons questionners data analisys result can be conclused that student responses towards guided inquiry learning model per indicator was obtained average 80,18% by satisfactory category.

Detail Jurnal