Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL POE DENGAN TEKNIK CONCEPT MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS
    Penulis : Husniyah
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Nur Qomaria, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model POE dengan teknik concept mapping terhadap keterampilan proses sains. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D dengan 4 tahap. Desain penelitian menggunakan One Shot Case Study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A UPTD SMP Negeri 2 Burneh sejumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran model POE dengan teknik concept mapping layak digunakan untuk melatih keterampilan proses sains siswa dengan rata-rata penilaian validasi sebesar 94,78% dan kelayakan materi sebesar 87,50% (2) respons siswa setelah pembelajaran model POE dengan teknik concept mapping sebesar 82% dengan kategori sangat baik

    Abstraction

    This research aimed to develop POE model learning instructional with concept mapping technique Of The Science Process Skills. This research and development used 4D development models with 4 steps. Design of this research used One Shot Case Study. The subject of this research is students of class VIII A UPTD SMP Negeri 2 Burneh amount 31 students. The collecting data technique used questionnaire, test, and documentation method. Based on research result showed that: (1) POE model learning instructional with concept mapping technique Of The Science Process Skills with assessment average of validation amount 94,78% and material feasibility amount 87,50% (2) students response after learning POE model learning instructional with concept mapping technique amount 82% with very good category.

Detail Jurnal