Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN DAN UJI COBA INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA
    Penulis : Pujo Hermawan
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan instrumen penilaian literasi sains yang terfokus pada tes kemampuan literasi sains, 2) mengukur tingkat kemampuan literasi sains siswa, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap produk. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain pengembangan ADDIE. Hasil validasi kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli asesmen mendapatkan rata-rata skor validitas 85,44% dan reliabilitas 91,91% , penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata skor validitas 84,21% dan reliabilitas 91,91%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dan diujicobakan. Tingkat kemampuan literasi sains siswa yang terukur berada pada kategori level 3 dengan rata-rata skor aspek kompetensi 48,225 dan aspek pengetahuan 51,215. Rata-rata skor respon positif siswa sangat setuju 58,81%, setuju 27,38%, kurang setuju 9,29%, tidak setuju 2,02% dan sangat tidak setuju 2,50%.

    Abstraction

    This research aims to 1) develop a scientific literacy assessment instrument focused on tests of scientific literacy skills, 2) measure the level of scientific literacy skills of students, and 3) know the students' responses to product. This research was research and development (R&D) with ADDIE models. The results of product feasibility validation based on assessment experts, the average of validity score 85.44% and reliability 91.91%, the assessment of material experts the average validity score 84.21% and reliability 91.91%. These result indicated that the product developed was feasible to be used and tested. The level of students' scientific literacy in the level 3 category with an average score of competency aspects 48,225 and knowledge aspects 51,215. Average response scores of students strongly agree 58.81%, agree 27.38%, slowly agree 9.29%, disagree 2.02% and strongly disagree 2.50%.

Detail Jurnal