Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Motivasi Terhadap Keterampilan Proses Sains dalam Penerapan Pembelajaran Scientific Learning dengan Authentic Assessment
    Penulis : Wahyu Prastikawati
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian tentang pengaruh motivasi terhadap keterampilan proses sains dalam penerapan pembelajaran scientific learning dengan authentic assessment pada materi getaran, gelombang dan bunyi telah dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan pre-experimental dengan desain one-shot case study. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII C dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pembelajaran diperoleh persentase indikator 1 sebesar 79,88% dengan kriteria baik, indikator 2 sebesar 80,49% dengan kriteria sangat baik, indikator 3 sebesar 80,18% dengan kriteria sangat baik, indikator 4 sebesar 81,71% dengan kriteria sangat baik, indikator 5 sebesar 80,33% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata persentase respons siswa terhadap pembelajaran yaitu sebesar 80,52% dengan kriteria sangat baik.

    Abstraction

    Study about the effect of motivation to science process skills in application of scientific learning with authentic assessment on osillation, wave and sound concepts has been done. This type of this study is pre-experimental with one-shot case study design. Population in this study are all student of class VIII in MTsN 5 Kediri. Sample in this study are student of class VIII C with simple random sampling techniques. Collecting data technique use test, questionnaires, observation and documentation. Based of the result in this study show that student responses to this learning get percentage of indicator 1 is 79,88%, with in good predicate, indicator 2 is 80,49% with in excellent predicate, indicator 3 80,18% with in excellent predicate, indikator 4 is 81,71% with in excellent predicate and indicator 5 is 80,33% with in excellent predicate. The average percentage of student responses to learning is 80,52% with in excellent predicate.

Detail Jurnal