Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
    Penulis : Mohamad Rifai
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilakukan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desaign. Penelitian dilaksanakan di MTsN 7 Blitar dengan populasi seluruh kelas VII tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purpositive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 2 kelas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes untuk kemampuan berpikir kritis dan angket untuk respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) presentase rata – rata pretest keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 41% dan kelas kontrol sebesar 38% dan dalam kategori kurang, presentase rata – rata posttest keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 88% dalam kategori sangat baik dan kelas kontrol sebesar 52% dalam kategori cukup, (3) presentase respon siswa terhadap pembelajaran pada pernyataan positif sebesar 56% pada kategori setuju sedangkan untuk pernyaaan negatif sebesar 60% pada kategori tidak setuju, (4) presentase rata – rata keterlaksanaan pembelajaran pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT selama 3 pertemuan sebesar 87% dengan kategori sangat baik.

    Abstraction

    This study aimed to determine the implementation of contextual learning with REACT strategy for critical thinking skills. The study was conducted using a quasi-experimental method with a pre-test-post-test control group design. The study was conducted in MTsN 7 Blitar with a population of all class VII in the 2019/2020 school year. The research sample was selected using a purposive sampling technique and obtained a sample of 2 classes. Data collection was performed using test techniques for critical thinking skills and questionnaires for student responses. Data analysis techniques used the Mann Whitney test. Based on the results of the study it can be concluded: (1) there is an effect of the implementation of contextual learning with the REACT strategy on students' critical thinking skills, (2) the average percentage of pre-test critical thinking skills of the experimental class by 41% and the control class by 38% and in the less category, the average percentage of post-test critical thinking skills of the experimental class was 88% in the excellent category and the control class was 52% in the moderate category, (3) the percentage of students' responses to learning on the positive statement was 56% in the agreed category while for the negative questions were 60 % in the category of not agreeing, (4) the average percentage of the implementation of contextual learning with REACT strategy for 3 meetings was 87% with a very good category.

Detail Jurnal