Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA
    Penulis : Najmatul Ulya
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Nur Qomaria, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons siswa setelah diterapkan model pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEM. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 4 Nganjuk di kelas VIII A dan kelas VIII B Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) respons siswa terhadap model PjBL dengan pendekatan STEM diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,32% dengan kriteria baik. Kata Kunci : Model pembelajaran PjBL, Pendekatan STEM, Keterampilan berpikir kreatif.

    Abstraction

    This research aimed to know the determine of the students’ responses between the experimental class and control class after using PjBL model with STEM approach. The type of research used experimental research with a quasi experimental design. This research was conducted at MTsN 4 Nganjuk in class VIII A and VIII B 2018/2019. The sampling technique used purposive sampling. Data collection used observation, tests, questionnaires, and documentation. The results of the study and data analysis showed that: (1) students’ responses used PjBL model with STEM approach is obtained average value of 68,32% with good criteria. Keyworsd: Creative thinking skills, PjBL Model, STEM approach.

Detail Jurnal