Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE untuk Melatih Keterampilan Metakognisi SiswaPenulis : Siti Aan Rodziatun Ni'mahDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran improve pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP. Metode penelitian menggunakan pre experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah kelas VII MTsN 5 Kediri dengan sampel kelas VII-E semester genap tahun ajaran 2018/ 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterlaksanaan pembelajaran improve sebesar 90.48% dengan kategori sangat baik.
AbstractionThis study aims to determine the implementation of improve learning model at the material of environmental pollution in class VII in junior high school. The research used a pre experimental method with the form of one group pretest-posttest design. The population used to be graded VII MTsN 5 Kediri with a sample of class VII-E in the academic year of 2018/ 2019. The employed sampling techniques was non probability sampling. Technique of collecting data used sheet observation of learning feasibility. The average of improve learning is 90.48% with excellent categories.