Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Buku Ajar Scrapbook Pada Materi Pemanasan Global Terhadap Minat Belajar Siswa
    Penulis : Mulati Kunsaleha
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S,Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap buku ajar scrapbook pada materi pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental dengan One Shot Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Torjun di Kabupaten Sampang tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket respons siswa. Pada angket respons siswa terdapat tiga aspek penilaian yaitu aspek materi, aspek penyajian, dan aspek kegrafikan/tampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respons siswa mendapatkan rata-rata skor sebesar 77,4% dinyatakan cukup baik. Pada aspek materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 74,5% dengan kriteria cukup baik, aspek penyajian mendapatkan rata-rata skor sebesar 74,5% dengan kriteria cukup baik, dan aspek kegrafikan/tampilan mendapatkan rata-rata skor sebesar 83,13% dengan kriteria baik. Berdasarkan penelitian siswa menanggapi positif pembelajaran IPA menggunakan buku ajar scrapbook pada materi pemanasan global.

    Abstraction

    This research aims to know student’s response to scrapbook textbooks on global warming material. The method used is pre experimental with One Shot Case Study. Subject in this study were students of class VII B in Junior High School 2 Torjun at Sampang regency. Data collection technique used are material aspect, presentation aspect, and graphic aspect. The result of study showed the response of students the average scores was 77,4% with good enough. Aspect material the average scores was 74,5% with good enough, aspect presentation the average scores was 74,5% with good enough, and aspect graphic the average scores was 83,13% with good category. Based on the results of research the students response is positively to science learning with scrapbook textbooks on global warming material.

Detail Jurnal