Detail Karya Ilmiah

  • PERBANDINGAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DAN MEANS ENDS ANALYSIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP PEMECAHAN MASALAH
    Penulis : Ninik Agustina
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model MEAs dan MEA. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian faktorial 2 × 3 dan dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 1 Kamal, sampel penelitian terdiri dari 64 siswa pada pokok bahasan tekanan zat kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis data keterlaksanaan pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh dua observer yaitu guru IPA dan mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model MEAs sebesar 95,58% dan termasuk dalam kategori sangat baik sedangkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model MEA sebesar 100% dan termasuk dalam kategori sangat baik.

    Abstraction

    This study aims to determine the implementation of learning used MEAs and MEA. The research used an experimental method with 2 × 3 factorial design and implemented in UPTD SMP Negeri 1 Kamal, the sample consisted of 64 students on a subject of pressure. The sampling technique used cluster random sampling. The data analysis technique used analysis of learning implementation data. Data collection used learning implementation observation sheets by two observers is a science teacher and student. Based on the results concluded the implementation of learning used MEAs was 95.58% and was included in the very well category while the implementation of learning used MEA was 100% and was included in the very well category.

Detail Jurnal