Detail Karya Ilmiah

  • Efektivitas Model LAPS-Heuristik untuk Melatih Literasi Sains Siswa SMP
    Penulis : Dina Tri Utami
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si. M. Si
    Dosen Pembimbing II :Nur Qomaria, S.Pd. M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada materi lapisan bumi dan bencana alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wonoayu yang berjumlah 32 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan sampel purposive sampel dengan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-G sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group design. Data diperoleh melalui tes dengan indikator aspek kompetensi literasi sains. Angket keterlaksanaan diperoleh rata-rata 98,9% dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci : Aspek kompetensi, Model LAPS-Heuristik, Literasi sains

    Abstraction

    The objective of this study is to know the implementation of learning on earth layer and natural disasters topic. This study uses quasi experiment. The sample used was Grade VII students of SMP Negeri 1 Wonoayu, totaling 32 students. Sampling in this study uses purposive sample with class VII-D as the experimental class and class VII-G as the control class. The study design uses non-equivalent control group design. The result of implementation questionnaire obtained an average of 98.9% with very good criteria. Keywords: Competency aspects, LAPS-Heuristic model, Scientific literacy.

Detail Jurnal