Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah SiswaPenulis : Wiwin FitrianiDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi S.Si., M.Pd.Abstraksi
Penelitian dilakukan untuk mengetahui penerapan model Means Ends Analysis (MEA) terhadap keterampilan pemecahan masalah. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Menganti dengan populasi semua siswa kelas VIII Tahun ajaran 2018/2019 pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis data angket respons siswa. Pengumpulan data menggunakan angket untuk respons siswa dalam pembelajaran dengan model MEA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: respons siswa terhadap pembelajaran MEA siswa sangat setuju dengan persentase 64,81%.
AbstractionThe study was conducted to determine the application of the Means Ends Analysis (MEA) model to problem solving skills. The study used a quasi-experimental method with nonequivalent control group design and was implemented in SMP Negeri 1 Menganti with a population of all class VIII students in the 2018/2019 academic year. The sampling technique uses purposive sampling. The data analysis technique used data analysis questionnaire student response. The technique of collecting data used questinnaire for student’s response in learning with MEA model. Student responses to the Means Ends Analysis (MEA) learning model students strongly agreed with the percentage of 64.81 %