Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar Siswa
    Penulis : Wiwik Wardaniyah
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Nur Qomaria, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen design dengan Nonequivalent Control Grup Design.Penelitian tentang model PBI yang bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Pademawu Pamekasan dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-B dan kelas VIII-C. Hasil presentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 99% dengan kriteria sangat baik.

    Abstraction

    This study aims to apply the problem based instruction learning model (PBI) to student learning outcomes in the material of vibration, wave and sound. The research method used was a Quasi Experiment design with Nonequivalent Control Design Group. Research on PBI models aimed at knowing the implementation of learning. This research uses purposive sampling sampling technique. The technique of collecting data uses the learning implementation sheet. This research was conducted at Pademawu 2ND Pamekasan Junior High School with a population of all class VIII students. The sample used is class VIII-B and class VIII-C. The results of the percentage of learning implementation is 99% with very good criteria .

Detail Jurnal