Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN MODEL EJAS TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWAPenulis : Dwi Rahayu KrisnawatiDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S. Si., M. Si.Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S. Pd., M. Pd.Abstraksi
Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran model EJAS. Penelitian menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain One-Shot Case Study dan dilaksanakan di MTsN 1 Bangkalan, populasi siswa kelas VII pada pokok bahasan Pencemaran Lingkungan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VII A. Teknik analisis data menggunakan analisis data angket respon siswa. Pengumpulan data menggunakan angket untuk respon siswa dalam pembelajaran dengan model EJAS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: respon siswa terhadap pembelajaran memiliki kriteria baik dengan persentase 74%
AbstractionThe aim of this research was to determine student response in the learning process EJAS model. The research used the pre-experiment method with One-Shot Case Study design and implemented in MTsN 1 Bangkalan, the student population of class VII on the subject of Environmental Pollution. The sampling technique used purposive sampling, with a sample of one class that was class VII A. The data analysis technique used data analysis questionnaire student response. The technique of collecting data used questionnaire for student’s response in learning with EJAS model. Based on the data of research, it can be concluded that: student’s response was a good criterion with 74% percentage