Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Pembelajaran Komik IPA pada Materi Sistem Peredaran Darah ManusiaPenulis : Mochammad Agus WahyudiDosen Pembimbing I : Yunin HidayatiDosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno WulandariAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon siswa, dan keterbacaan media pembelajaran komik IPA pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Model pengembangan menggunakan model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP AL HIKAM Burneh, sampel penelitian adalah sepuluh siswa kelas VIII F. Teknik pengambilan data menggunakan Purposive Sampling. Diperoleh rata-rata skor validasi media sebesar 79,41% dengan kategori sangat layak, rata-rata skor reliabilitas sebesar 96,51% dengan kategori reliabel. Rata-rata skor validasi materi sebesar 86,69% dengan kategori sangat layak, rata-rata reliabilitas sebesar 86,10% dengan kategori reliabel. Respon siswa mendapatkan rata-rata skor sebesar 80,42% dengan kategori sangat baik dan keterbacaan media mendapatkan rata-rata skor sebesar 79,75% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran komik IPA pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia layak digunakan sebagai media pembelajaran.
AbstractionThis study aims to determine the appropriateness, student response, and readability of science comic learning media on the material of the Human Blood Circulation System. The development model uses the ADDIE model. The population in this study were eighth grade students of AL HIKAM, Burneh Junior High School, the sample of the study was ten students of VIII F Class. The data collection technique used purposive sampling. Obtained an average score of media validation 79.41% with a very proper category, an average of reliability score 96.51% with a reliable category. The average score of material validation was 86.69% with a very proper category, the average reliability was 86.10% with a reliable category. Student responses get an average score of 80.42% with very good category and media readability get an average score 79.75% with a very good category. It could be concluded that the development of science comics learning media on the Human Blood Circulation System material was appropriate to be used as a learning media.