Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS IPA SMP KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA
    Penulis : Nur Maulidiya Agustin
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Nur Qomaria, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi pada konsep cahaya dalam buku teks IPA SMP kelas VIII berjudul “Ilmu Pengetahuan Alam” karangan Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd., dkk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini berupa buku teks siswa berjudul “Ilmu Pengetahuan Alam” karangan Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd., dkk terbitan 2017 Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi konsep dalam buku teks IPA yang digunakan, kemudian dibandingkan menggunakan buku acuan melalui observasi studi pustaka dan wawancara tim ahli serta dilakukan analisis terhadap hasil tersebut. Penyajian data terhadap hasil yang telah didapatkan adalah berupa tabel identifikasi miskonsepsi. Berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi yang peroleh, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat miskonsepsi pada buku teks IPA yang diteliti. Kata kunci: buku teks, konsep cahaya, miskonsepsi

    Abstraction

    This research aimed to determine the misconceptions in light concept in class VIII Middle School textbook entitled "Natural Sciences" by Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd., et al. This research is a qualitative descriptive study. The subject of this research is in the form of student textbooks entitled "Natural Sciences" by Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd., et al published 2017 the Center for Curriculum and Books, Research and Development, Ministry of Education and Culture. This research was conducted by identifying concepts in the science textbooks used, then compared using reference books through literature study observations and expert team interviews and analysis of these results. The presentation of data on the results obtained is in the form of a table of identification of misconceptions. Based on the results of the identification of the misconceptions obtained, it can be concluded that there are misconceptions in the IPA textbook studied. Keywords: textbook, light concept, misconception

Detail Jurnal