Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatih Kemampuan ArgumentasiPenulis : Sulfa DianaDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.PdAbstraksi
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ADI Terhadap argumentasi siswa. Penelitian menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan teknik Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian dilaksanakan di SMPI Lughatul Islamiyah kelas VII pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran model pembelajaran ADI kategori baik sebesar rata-rata positif 64,54% dan kategori sangat baik dengan persentase rata-rata negatif. Kata kunci: kemampuan argumentasi, model ADI, pembelajaran IPA Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ADI Terhadap argumentasi siswa. Penelitian menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan teknik Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian dilaksanakan di SMPI Lughatul Islamiyah kelas VII pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran model pembelajaran ADI kategori baik sebesar rata-rata positif 64,54% dan kategori sangat baik dengan persentase rata-rata negatif. Kata kunci: kemampuan argumentasi, model ADI, pembelajaran IPA
AbstractionAbstract This study is to find the influence of ADI learning model to train student’s argument. This study uses experimental quasi and nonequevalent control grup as the research design. This study is conducted on second class student of SMPI Lughatul Islamiyah of ray environmental pollution. The students response toward ADI learning model that shows good category with percentage positive of 64,54% and very good category with persentage negative of 3,63%. Key word: argument ability, Argument Driven Inquiry model, science learning.