Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan model Guided Discovery dengan metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa
    Penulis : Nurul Fajariyah
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap model pembelajaran Guided Discovery dengan metode resitasi. Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design yang dilaksanakan di SMP Puncak Darussalam Pamekasan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen, materi pencemaran lingkungan. Pengumpulan data menggunakan angket respons yang diberikan setelah pembelajaran dilakukan. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata respons siswa sebesar 75% dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Guided Discovery dengan metode resitasi mendapat respons yang sangat baik dari siswa.

    Abstraction

    This study aims to determine student responses to Guided Discovery learning models by recitation method. The method used was quasi-experimental design with nonequivalent control group design which was carried out at Puncak Darussalam Pamekasan Middle School. The sampling technique was purposive sampling and obtained class VII A as the control class and class VII B as the experimental class, environmental pollution material. Data collection uses a response questionnaire given after learning is done. The results obtained by the average value of student responses are 75% with very good categories. These results indicate that the Guided Discovery learning model with the recitation method received a very good response from students.

Detail Jurnal