Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL QODE (QUESTIONING, ORGANIZING, DOING, AND EVALUATING) PADA MATERI SUHU DAN KALORPenulis : Alfitra Nur Faizah MahdiDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S. Si,. M. SiDosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S. Si,. M. PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS model QODE (Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating) pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan 4 tahap yaitu: Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Penelitian ini hanya menggunakan 3 tahapan saja tanpa menggunakan tahap disseminate (penyebaran) karena keterbatasan waktu, tenanga, dan biaya yang dimiliki. Teknik pengambilan sampel data menggunakan simple random sampling atau dilakukan secara acak. Uji coba penelitian ini dilakukan pada 10 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Socah tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil respon siswa terhadap LKS model QODE (Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating) sebesar 76,56% dengan kategori sangat baik
AbstractionThis study aims to develop the QODE LKS model (Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating) on the material temperature and heat. This study uses a 4D development model with 4 stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. This study only uses 3 stages without using the disseminate stage (distribution) because of limited time, calm, and the costs they have. The technique of sampling data using simple random sampling or done randomly. The trial of this study was conducted on 10 students of class VII Middle School 2 Socah academic year 2019/2020. Based on the results of the study showed that the results of student responses to the worksheet QODE model (Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating) amounted to 76.56% with a very good category.