Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Metode Gallery Walk terhadap Kreativitas Siswa
    Penulis : Eva Musdalifah
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Project based learning dengan metode gallery walk. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Benjeng tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan siswa kelas VII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-I sebagai kelas kontrol. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent posttest-only control group design. Pengumpulan data menggunakan angket respon siswa. Siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran project based learning dengan metode gallery walk dengan presentase pernyataan negatif tertinggi 81% dengan kriteria sangat baik dan pernyataan positif 72% dengan kriteria baik.

    Abstraction

    The aim of this study is to know the infuency and the students response to the use of the project based learning model with the gallery walk method. The research was conducted at junior high school 1 Benjeng 2018/2019 school year. The sampling technique used purposive sampling with VII-H class as the experimental class and VII-I as the control class. The research method used quasi experiment with nonequivalent posttest-only control group design. Data collection was done by using student questionnaire responses. The average student responses when using the project based learning model with gallery walk method obtained a positive statements 81% with very good criteria. Average negative statements 72 % with good criteria.

Detail Jurnal