Detail Karya Ilmiah
-
RESPONS SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA DAN PEMECAHAN MASALAHPenulis : Devi Novita SariDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied. S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari. S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian dilakukan untuk mengetahui respons siswa dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran active debate. Penelitian menggunakan metode Pre-Eksperimental Design dengan desain penelitian One Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Ngoro Jombang dengan populasi kelas VII pada pokok bahasan materi perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel yaitu kelas VII I. Teknik analisis data menggunakan angket respons siswa. Pengambilan data menggunakan angket respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode pembelajaran active debate. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pembelajaran memperoleh hasil rata-rata angket respons siswa sebesar 81,33% pada kategori sangat baik.
AbstractionThe study was conducted to determine the response of students used active debate learning methods. The study used the Pre-Experimental Design method with the One Shot Case Study research design. The research was conducted at SMPN 2 Ngoro Jombang with class VII in marine material on climate change and its impact on the ecosystem. Sampling used a purposive sampling technique with a sample that is class VII I. The technique of analyzing data uses student response questionnaires. Data retrieval used student response questionnaires to learning used active debate learning methods. Based on the results of the research that has been conducted, it shows the students' responses to learning, the average response questionnaire of students is 81.33% in the excellent category.