Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dengan Aplikasi Rasch Model Pada Pembelajaran IPA Berbantuan Media KIT Mekanika
    Penulis : Holidatus Saadah
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan adanya kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penggunaan media KIT mekanika dalam pembelajaran terhadap kesulitan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode gabungan (mix method) yaitu menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan data kualitatif berupa wawancara dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini 75 siswa kelas VIII SMPN 1 Banyuates. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap media KIT Mekanika memperoleh hasil rata-rata 68,1%, 70,625% dan 67,9% yang berada pada kategori baik. Kata kunci: kesulitan belajar, KIT mekanika, rasch model

    Abstraction

    This research is motivated by the low student learning outcomes caused by students' learning difficulties in the learning process in science subjects. This study aims to determine the results of using KIT media mechanics in learning on student learning difficulties. The research method used is a combined method (mix method) that combines quantitative and qualitative reserch in the form of interviews analyzed using qualitative descriptive. The subject of this study was 75 eighth grade students of SMPN 1 Banyuates. The results of this study indicate that responses to KIT mechanichs media obtained an average result of 68,1%, 70,625% and 67,9% which were in the good category. Keywords: learning difficulties, KIT mechanics, rasch models

Detail Jurnal