Detail Karya Ilmiah

  • Efektivitas Model Pembelajaran CLIS Dengan Pendekatan TASC Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
    Penulis : Moeh. Rendi Arif Pratama
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran CLIS dengan pendekatan TASC pada materi cahaya dan alat optik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental yang menggunakan desain one group pretest and postest. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Bangkalan dengan sampel kelas VIII-D. Teknik pengambilan data menggunakan teknik angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model CLIS dengan pendekatan TASC. Hasil analisis data diperoleh rata-rata respons siswa sebesar 55,76% dengan kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan menggunakan model CLIS dengan pendekatan TASC mendapat respon baik dari siswa.

    Abstraction

    This study aims to determine the student response of the CLIS learning model with the TASC approach in light material and optical devices. This research is a kind of pre-experimental research that uses the design of one group pretest and posttest. The population used was class VIII Bangkalan 3 Junior High School with a sample class VIII-D. Data retrieval techniques using questionnaire techniques to determine student responses to the CLIS model with the TASC approach. The results of data analysis obtained an average student response of 55.76% in the good category. The results showed that using the CLIS model with the TASC approach received good responses from students.

Detail Jurnal