Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU BERDASARKAN GENDER
    Penulis : Dimas Rizky Saputra
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.,
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian adalalah eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Blega. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel yang digunakan VII-A sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebanyak 24 siswa sebagia kelas kontrol. Presentase respon siswa diperoleh nilai sebesar 70,4% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: brain based learning, gender, pembelajaran IPA, respon.

    Abstraction

    Abstract This study aims to determine the response of students to learning by using the Brain Based Learning model of problem solving abilities. This type of research is an experiment with a research design Non Quivalent Control Group Design. The population in this study of class VII of UPTD students at SMP Negeri 1 Blega. Samples taken with random sampling technique. The sample used VII-A of 24 students as the experimental class and VII-B of 24 students as the control class. The percentage of student responses obtained a value of 70.4% with very good category Keywords : brain based learning, gender, responses, science learning

Detail Jurnal