Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Pemahaman Konsep Siswa
    Penulis : Rika Fitriyah
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa terhadap model pembelajaran aktif tipe Card Sort pada materi sistem tata surya kelas VII SMP Negeri 2 Larangan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel yang digunakan adalah kelas VII D sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data pengujian hipotesis pemahaman konsep siswa menggunakan uji-t sampel bebas dengan program SPSS versi 20.00. Hasil pengujian hipotesis pemahaman konsep siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif tipe Card Sort berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort pada pertemuan pertama sampai ketiga memperoleh persentase rata-rata sebesar 98% dengan kategori hampir seluruh aktivitas terlaksana. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort memperoleh hasil yaitu respon tertinggi sangat tidak setuju 67% pada pernyataan negatif pada indikator ketertarikan dan sangat setuju sebesar 57% pernyataan positif pada indikator materi.

    Abstraction

    This study aims to determine the influence, the implementation of learning, and the students response to the use of the model active learning the type of Card Sort to students' understanding of concepts on the material of the solar system grade VII SMP Negeri 2 Larangan the school year 2018/2019. This research is experimental research by using the research design is Quasi Experimental. Population in research is all students of class VII SMP Negeri 2 Larangan. The sample used was a class VII D as many as 32 students as the control class and class VII E as many as 32 students as the experimental class. The data analysis technique of hypothesis testing understanding the concepts of students using t-test sample free with the program SPSS version 20.00. the result of hypothesis testing understanding of concepts the students obtained the values of signifikant was 0,000. Based on the result of the hypothesis test it can be concluded that the model of active learning type Card Sort effect on students' understanding of concepts. The implementation of learning uses the model active learning the type of Card Sort in the first to the third meeting to obtain an average percentage of 98%. Student's responses to learning using the model active learning the type of Card Sort obtain the highest response results which strongly disagree at 67% negative statements on the indicators of attraction and strongly agree that 57% positive statements on material indicators.

Detail Jurnal