Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MEDIA FOTONOVELA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA
    Penulis : Rofiatul Qomariyah
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa setelah diterapkan pembelajaran problem posing dengan media fotonovela terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Sabiilal Haq Batumarmar Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) respon siswa terhadap pembelajaran problem posing dengan media fotonovela diperoleh nilai rata-rata sebesar 95,8 % dengan kriteria hampir kegiatan terlaksana.

    Abstraction

    This study aims to determine student responses after applied problem posing learning with fotonovela media on students' creative thinking skills. The type of research used was experimental research with a quasi experimental design. This research was conducted at MTs Sabiilal Haq Batumarmar Academic Year 2018/2019. The sampling technique uses purposive sampling. Data collection uses observation, tests, questionnaires, and documentation. Based on the results of the study it can be concluded that: 1) students' responses to learning problem posing with fotonovela media obtained an average value of 95.8% with the criteria for almost activities carried out.

Detail Jurnal