Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Science Creative Learning (SCL) Berbasis Proyek Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif
    Penulis : Siti Annisa
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian dilakukan untuk mengetahui respons siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran science creative learning (SCL) berbasis proyek. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan teknik Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Menganti dengan populasi kelas VIII pada pokok bahasan materi getaran dan gelombang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan angket respons siswa. Pengambilan data menggunakan angket respons siswa dalam pembelajaran menggunakan model science creative learning (SCL) berbasis proyek. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa respons siswa terhadap pembelajaran dengan mempunyai kriteria sangat baik dengan presentase sebesar 83,29 %.

    Abstraction

    The study was conducted to determine the response of students in learning science using creative learning model learning (SCL) project-based. Quasi-Experimental research using techniques Nonequivalent Design Control Group Design. Research conducted at SMPN 1 Menganti population VIII class on the subject matter and the wave vibrations. Sampling using purposive sampling with a sample of two classes, a class VIII-B as a control and VIII-D as the experimental class. Data were analyzed using student response questionnaire. Retrieving data using the questionnaire responses of students in learning science using creative learning models (SCL) project-based

Detail Jurnal