Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Pemahaman Konsep SiswaPenulis : Wahyu Dwi AstutikDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S. Si., M. SiDosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S. Si., M. PdAbstraksi
Penelitian dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa menggunakan model pembelajaran problem posing terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian dilaksanakan di MTs Madarijul Huda Pati pada kelas VII Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan siswa pada kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem posing dapat berjalan dengan baik dengan persentase 94% dengan kriteria hampir seluruh aktivitas terlaksana; (2) respon siswa terhadap model pembelajaran problem posing baik dengan persentase 64% kategori setuju pada pernyataan positif. Kata kunci: pemahaman konsep, problem posing, sistem tata surya
AbstractionThe study was conducted to determine the feasibility of learning and response of students using problem posing learning models to understand students' concepts. The study was carried out at Madarijul Huda Pati MTs in class VII Academic Year 2018/2019. The sampling technique used purposive sampling with students in class VII B as the experimental class and class VII C as the control class. Data collection techniques using questionnaires, observation, tests, and documentation. The results showed that: (1) the implementation of learning using the problem posing learning model could work well with a percentage of 94% with the criteria that almost all activities were carried out; (2) the response of students to the problem posing learning model is good with a percentage of 64% categories agreeing on positive statements. Keywords: conceptual understanding, problem posing, solar system