Detail Karya Ilmiah

  • RESPON SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
    Penulis : Linayanti
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S. Si., M. Si.
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model PBL dipadu dengan NHT terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batang-Batang . Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan angket respon siswa terhadap pembelajaran model PBL dipadu dengan NHT. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model PBL dipadu dengan NHT berkategori sangat baik dengan presentase sebesar 86,07%. Kata Kunci: NHT, PBL, Respon Siswa

    Abstraction

    The research conducted to understand student responses to learning using PBL model combined with NHT on problem-solving abilities. The research was conducted at Batang-Batang-1 junior high school. Sampling used purposive sampling with students of class VIII-A as the experimental class. Data collection used questionnaires on student responses to PBL model with combined NHT. Based on the result of the questionnaire analysis, the responses of students can refute the students’ responses to learning using PBL model with combined NHT in very good category witha contribution of 86,07%. Keywords: NHT, PBL, Student Responses

Detail Jurnal