Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran REACT Menggunakan Scientific Approach Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa
    Penulis : Uswatul Farihah
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Nur Qomaria, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respons siswa terhadap model pembelajaran REACT menggunakan scientific approach. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design yang dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 1 Arosbaya. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan diperoleh kelas VIII-B sebagai kelas kontrol serta VIII-C sebagai kelas eksperimen pada pokok bahasan getaran, gelombang, dan bunyi. Pengumpulan data menggunakan angket respons yang diberikan setelah kegiatan pembelajaran dilakukan. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata respons siswa sebesar 83,27% dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT menggunakan scientific approach mendapat respons yang sangat baik dari siswa.

    Abstraction

    The purpose of this study was to find student’s response of REACT learning model using scientific approach. This study uses quasi experimental with design nonequivalent control group design and conducted on UPTD SMP Negeri 1 Arosbaya. Sampling technique with purposive sampling and obtained VIII-B as control class and VIII-C as experimental slass on vibration, waves, and sound materials. Data collection used a questionnaire technique given after learning process with REACT learning model using scientific approach. The result of the study obtained an average value of student’s responses of 83,27% with very good category . The result show that REACT learning model using scientific approach received very good responses from students.

Detail Jurnal