Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains SiswaPenulis : Eka Bela KarinaDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si.,M.Si.Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si.,M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, keterampilan proses sains, keterlaksanaan, dan respon siswa terhadap penggunaan metode eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Kalianget tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas diberikan treatment berbeda yaitu kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah. Hasil analisis data kedua kelompok diperoleh 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan metode eksperimen diperoleh persentase 83,467% dengan kriteria sangat baik pada kelas eksperimen (VIII-1) dan kelas kontrol (VIII-3) 71,732% kriteria baik. Keterlaksanaan pembelajaran metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains diperoleh rata-rata sebesar 98,61% dengan kriteria sebagian besar kegiatan terlaksana. Rata-rata respon siswa terbesar saat menggunakan metode eksperimen pada pernyataan positif yaitu setuju sebesar 57,60%, sedangkan pada pernyataan negatif yaitu tidak setuju sebesar 78,8% Kata Kunci:metode ceramah, metode eksperimen,keterampilan proses sains
AbstractionThis study aims to determine the influence, science process skills, feasibility, and students response to the use of the experimental method. The research was conducted in SMPN 2 Kalianget 2018/2019 school year. The research using quasi experimental methods with the study design an equivalent control group design. This research uses experimental and control class. The both classes are applied in different treatments, which are experimental class uses experimental methods and control class uses active learning methods. The results of the data analysis both groups obtained 0,000 with significant level 0,05 so suggests that there is a difference between the science process skills experimentalwith control class. Science process skills students after using the experiment obtained percentage 83,467% with the criteria of the very good at the experiment (VIII-1) and the control (VIII-3) 71,732% good criteria of learning characteristic methods experiments againts the science process skills obtained an average of 98,61% by the criteria of the most activities happen. The average response of the largest students when using the experimental methods on a positive statement is that it agrees to 57,60%, while the negative statement that disagrees is 78,8%. Keywords: experimental methods, lecture methods, science process skills