Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dengan Aplikasi Rasch Model Pada Pembelajaran IPA Berbantuan Media KIT
    Penulis : Nor Komariyah
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap kesulitan belajar ipa berbantuan media KIT dengan aplikasi Rasch Model. Jenis penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan penelitian kuantitatif teknik pengumpulan data menggunakan aplikasi rasch model didukung penelitian jenis kualitatif menggunakan wawancara. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1Banyuates Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian sebanyak 3 kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik akngket serta wawancara untuk hasil respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan persentase respon siswa dari ketiga kelas diperoleh: kelas A dengan nilai sebesar 65.4, kelas C dengan nilai sebesar 63, kelas E dengan nilai sebesar 67.8 menunjukkan termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: kesulitan belajar, media KIT Torso, Rasch Model

    Abstraction

    This study aims to determine the response of students to the difficulties of learning IPA assisted by KIT media with the Rasch Model application. This type of research is a mixed method (mix method) with quantitative research data collection techniques using the Rasch model application supported by qualitative research using interviews. The population in the study was class VIII SMP N 1Banyuates Academic Year 2018/2019. The research sample consisted of 3 classes. Data collection uses akngket techniques and interviews for student response results. Based on the results of the study, it can be concluded that the percentage of student responses from the three classes is obtained: class A with a value of 65.4, class C with a value of 63, class E with a value of 67.8 indicating that it is in the good category. Keywords: learning difficulties, KIT Torso, Rasch Model

Detail Jurnal