Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Science Comic Terhadap Keterampilan Proses Sains
    Penulis : Ida Damayanti
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan science comic terhadap keterampilan proses sains. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII UPTD SMPN 1 Labang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan VII-A sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Persentase respon siswa diperoleh nilai sebesar 81% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Science Comic, Keterampilan Proses Sains

    Abstraction

    This study aims to determine know student responses of guided inquary models assisted science comic towards science process skils. This type of research is a type of experimental research with Quasi Experimental design. The population in this study is the student of class VII of UPTD SMPN 1 Labang. Samples taken with Purposive Sampling tehnique. The sample used is class VII-A of 26 students as experimental class and class VII-B of 27 students as control class. Percentage student responses obtained a value of 81% with very good category. Keywords : Guided inquary learning, Science comic, Science process skills.

Detail Jurnal