Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model pembelajaran Problem Solving Dengan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
    Penulis : Puji Lestari
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita hadi, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Solving dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Mts Negeri 4 Madiun tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket respon siswa. Siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran Problem Solving dengan metode eksperimen dengan persentase pernyataan positif tertinggi memperoleh rata-rata sebesar 29,33% dengan kriteria setuju dan pernyataan negatif memperoleh persentase sebesar 0,567 dengan kriteria tidak setuju.

    Abstraction

    The study was conducted to determine the effect of Problem Solving learning model with the experimental method on students' problem solving abilities. The study used Quasi Experimental Design method with the Nonequivalent Control Group Design technique. The research was conducted at Mts 4 Madiun with a population of students in class VIII B and VIII D Academic Year 2018/2019. The sampling technique uses purposive sampling. Data collection research use questionnaires. The response of students after applying the Problem Solving learning model with the experimental method is 29,33% in the excellent category.

Detail Jurnal