Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIKPenulis : Selli Lutfiatul AdhaDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul M, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si.,M.PdAbstraksi
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa setelah diterapkan model PBL dengan teknik quasi eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan desain nonequivalen contol graup design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 4 Madiun di kelas VII A dan VII D Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) respon siswa terhadap model PBL dengan teknik quasi eksperimen diperoleh persentase sebesar 79,23% dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci : respon siswa, teknik quasi eksperimen, model PBL
AbstractionAbstract The research aims to determine the student's response after applying the PBL model with experimental quasi techniques. The type of research used is experimental research with the design of Nonequivalen contol graup design. This study was conducted in MTs Negeri 4 Madiun in class VII A and VII D school year 2018/2019. Sampling techniques using purposive sampling. Data collection using observations, tests, polls, and documentation. Based on the results of the study can be concluded that: 1) student response to the PBL model with experimental quation technique obtained a percentage of 79.23% with excellent criteria. Keyword: Response, experimental quasi technique, PBL model