Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI NILAI-NILAI KETELADANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X TKJ SMKN 1 AROSBAYA
    Penulis : BENI HENDRA LESMANA
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui apa saja karakter yang di kembangkan, (b) mengetahui pelaksanaan program yang di terapkan, (c) mengetahui kendala-kendala apa saja yang di alami oleh guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan instrumen teknik pengumpulan menggunakan angket pendidikan karakter dan pedoman wawancara. Dalam penelitian ini peneliti memberi kesimpulan a) karakter yang dikembangkan pada pembelajaran desain grafis menggunakan delapan belas indikator dan paling menonjol nilai jujur, kerja keras, kreatif,, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab, b) pelaksanaan program yang diterapkan untuk mengembangkan karakter dengan adanya sikap-sikap guru yang bisa dijadikan contoh sopan, disiplin, jujur, tegas rendah hati dan tanggung jawab, c) kendala-kendala yang dialami adalah saat belajar mengajar siswa belum mengerti membuat gambar desain dalam coreldraw Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Nilai Karakter, Desain Grafis.

    Abstraction

    ABSTRACT This study purposes to (a) find out what characters are developed, (b) find out the implementation of the program being applied, (c) find out what constraints are experienced by the teacher and students. The type of this research is descriptive qualitative. The type of sample used is purposive sampling, with instrument collection techniques using character education questionnaires and interview of guidelines. In this study the researchers concluded that a) the character developed in graphic design learning uses eighteen indicators and the most prominent is the value of integrityq, hard work, creative, curiosity, and responsibility, b) the implementation of the program that applied to develop the character in the presence of teacher attitudes that can be used as examples of polite, discipline, integrity, humble and responsibility, c) the obstacles that experienced are when learning and teaching is the students do not understand making design drawings in Coreldraw. Keywords:Character Education, Character Value, Graphic Design

Detail Jurnal