Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMKS AL-HIKAM BANGKALAN
    Penulis : Nur Fadilah
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Medika Risnasari, S.ST., M.T
    Abstraksi

    Penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMKS AL-Hikam Bangkalan pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran advance organizer berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa dan keterlaksanaan model pembelajaran advance organizer berbasis mind mapping. Penelitian ini dilakukan di SMKS AL-Hikam Bangkalan. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik Nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh (Sampling jenuh). Sampel penelitian berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 20 siswa eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan: (1) Uji t menyatakan thitung > ttable atau 3,7063 lebih besar dari 2,1009 dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, (2)Aktivitas guru “sangat baik” dengan hasil observasi pada pertemuan awal sebesar 81,6% dan pertemuan kedua meningkat sebesar 86,4% dengan kriteria “sangat aktif”, sedangkan Aktivitas siswa pada pertemuan pertama 85,5% dengan kriteria “sangat baik” dan pertemuan kedua 89,7% dengan kriteria “sangat baik”. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen pretest dan posttest melalui hasil uji gain sebesar 0,5783 dengan interpretasi sedang yang terdapat pengaruh model pembelajaran advance organizer berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMKS Al-Hikam Bangkalan. Kata – kata Kunci: Pengaruh, Advance Organizer, Mind Mapping dan Hasil Belajar

    Abstraction

    The cause of low learning result of the tenth grade TKJ SMKS AL-Hikam Bangkalan on subjects Computer and Basic Network is caused by an appropriate leaning style. This study aims to determine the effect of using advance organizer learning model mind mapping based on student’s learning outcomes and the implementation of advance organizer learning model mind mapping based. This research was conducted in SMKS AL-Hikam Bangkalan. The research technique is the Nonprobability sampling technique with the type of saturated sample. The research sample was 50 students consisting of 20 experimental students and 30 control class students. The results of the study show: (1) The t test states tcount> ttable or 3.7063 greater than 2,1009 so it can be stated that Ho is rejected and Ha is accepted, (2) The activity of the teacher is "very good" with the results of observations at the first meeting 81.6% and the second meeting increased by 86.4% with the criteria of "very active", while the activities of students in the first meeting 85.5% with the criteria of "very good" and the second meeting 89.7% with the criteria of "very good". Increasing the learning outcomes of the pretest and posttest experimental class students through the gain test results of 0.5783 with moderate interpretations which have the effect of mind mapping advance organizer learning models on student learning outcomes on computer and basic networks subject in SMKS AL-Hikam Bangkalan. Key Words: Influence, Advanced Organizer, Mind Mapping and Learning Outcomes

Detail Jurnal