Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Kesiapan Belajar dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Komunikasi Daring Kelas X SMK Al-Hikam
    Penulis : Ilham Maulana Rahman
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muhamad Afif Effindi, S.Kom., M.T.
    Abstraksi

    Keberhasilan dalam proses belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada materi komunikasi daring kelas X di SMK Al-Hikam, Bangkalan, yaitu masih rendahnya kesiapan belajar siswa dan fasilitas belajar yang dimiliki siswa dan sekolah kurang memadai. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui Hubungan Kesiapan Belajar dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Komunikasi Daring kelas X SMK Al-Hikam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X SMK Al-Hikam sebanyak 111 siswa. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner dan dilakukan uji tes untuk mendapatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) thitung = 10,28078 > ttabel = 1,98157 menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar dengan kontribusi sebesar 49,23%, 2) thitung = 9,195 > ttabel = 1,98157 menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar dengan kontribusi sebesar 43,68% serta 3) Fhitung = 132,92 > Ftabel = 3,08 menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa dengan kontribusi sebesar 50,57%. Kata kunci: kesiapan belajar, fasilitas belajar, hasil belajar

    Abstraction

    Success in the learning process can be seen from the learning outcomes that achieved. There are several factors that influence the low student’s learning outcomes in online communication materials for X grade in SMK Al-Hikam, Bangkalan, namely the low of student readiness and learning facilities that students and schools have inadequate. The purpose of the research was to find out the relationship between learning readiness and learning facilities with student learning outcomes in online communication material in class X of SMK Al-Hikam. This type of research is quantitative. The subjects in this study were X grade students of SMK Al-Hikam with 111 students. Data was obtained by distributing questionnaires and testing was carried out to obtain student learning outcomes. Based on the results of the study obtained 1) tcount = 10.28078 > ttable = 1.98157 shows there is a significant relationship between learning readiness and learning outcomes with a contribution of 49.23%, 2) tcount = 9.195> ttable = 1.98157 indicates a relationship significant between learning facilities and learning outcomes with a contribution of 43.68% and 3) Fcount = 132.92> Ftable = 3.08 shows there is a significant relationship between learning readiness and learning facilities with student learning outcomes with a contribution of 50.57 %. Keywords: learning readiness, learning facilities, learning outcomes

Detail Jurnal