Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR (KJD) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DI SMK AL ASY’ARI, KWANYARPenulis : Siti SufiyaDosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Muhamad Afif Effindi, S.Kom., M.TAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran produktif terhadap hasil belajar dan motivasi belajar di SMK Al Asy’ari, Kwanyar. Penelitian ini diambil karena kurangnya konsentrasi dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang diberikan guru. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain Quari Experimental Design dengan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian adalah kelas X Multimedia SMK Al Asy’ari pada materi Komputer dan Jaringan Dasar (KJD). Mengacu dari penelitian relavan yang terdahulu, penerapan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa ke arah yang lebih baik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah dilakukan validasi dengan hasil penilaian dari validator adalah Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) mendapatkan nilai sebesar 82% dengan kategori “valid”, Lembar Observasi Aktivitas Guru sebesar 92,22% dengan kategori “sangat valid”, Lembar Observasi Aktivitas Siswa sebesar 91,42% dengan kategori “sangat valid”, Soal Hasil Belajar sebesar 76,46% dengan kategori “valid”, dan Angket Motivasi bersumber dari buku John M. Keller yang telah tervalidasi. Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, model pembelajaran Problem Based Learning.
AbstractionResearch aims to determine hor the model Problem Based Learning (PBL) influences the productive subjects of studying and motivation for studying in SMK Al Asy’ari, Kwanyar. This study is taken because of the students’ lack of contration and understanding of the learning given by teachers. Therefore, there is an application model of Problem Based Learning (PBL). And this study belongs to quantitative types. This experimental research design is Quari Experimental with a Nonequivalent Control Group Design. The subject in the study is an X Multimedia class SMK Al Asy’ari on Komputer dan Jaringan Dasar (KJD). referring to earlier relavan research, application of the study model can enhance the learning result and students’ learning motivation in a better direction. The instrumen used in this study has been done validation with validator valuations is the Lesson Plan (RPP) score is 82% in the “valid” category, Teacher Activity Observation sheet of 92,22% with a “valid” category, Studen Activity Observation sheet of 91,42% with a”valid” category, the study result amounted to 76,46% with the “valid” category, and Motivation rates came form avalidated book by John M. Keller. Key Word: learning result, learning motivation, model Problem Based Learning (PBL)