Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BERBANTU MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAKITAN KOMPUTER KELAS X TKJ SMK AL-HIKAMPenulis : Alwan Harid CahyonoDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari. S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah. S.Pd., M.PdAbstraksi
Hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Al-Hikam bangkalan pada materi perakitan komputer tergolong rendah. Penyebab hasil belajar siswa pada materi perakitan komputer ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1. Mengetahui keterlaksanaannya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together ditinjau dari aktivitas guru dan aktivitas siswa 2. Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa pada materi perakitan komputer kelas X TKJ. Penelitian ini adlah penelitian kuantitatif menggunakan quasi exsperimental design dengan desain penelitian non-equivalent group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probality sampling dengan jenis sampel jenuh. Dimana semua anggota pupolasi dijadikan sampel yaitu kelas X TKJ1 sebagai kelas eksperimen dan kelas TKJ2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa pretest-posttest, serta lembar observasi aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil uji signifikan (Uji-t) diperoleh nilai t_hitung3.4943 > t_tabel2.0560. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulakan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siawa. (2) Keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari aktivitas guru dari 2 pertemuan, pertemuan pertama mendapatkan nilai 93.47% dan pertemuan kedua mendapatkan nilai 96.73% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa dari 2 pertemuan, pertemuan pertama mendapatkan nilai 90.6% dan pertemuan kedua mendapatkan nilai 93.7% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Model pembelajaran koopertif tipe Numbered Heads Together, hasil belajar siswa, perakitan komputer.
AbstractionStudent learning outcomes in class X TKJ SMK Al-Hikam Bangkalan on computer assembly material is relatively low. The cause of student learning outcomes in computer assembly material is because the learning model used is the lecture method. Therefore, researchers use the cooperative learning model type Numbered Heads Together to improve student learning outcomes. The purpose of this research is 1. Knowing the feasibility of learning by using the Numbered Heads Together type of cooperative learning model in terms of teacher activities and student activities 2. Knowing the effect of the Numbered Heads Together type of cooperative learning model on student learning outcomes in class X TKJ computer assembly material. This research is a quantitative study using a quasi experimental design with a non-equivalent group design research design. Sampling in this study used a non-probality sampling technique with the type of saturated sample. Where all the pupils were sampled, they were class X TKJ1 as an experimental class and TKJ2 class as a control class. The instrument used was a test of learning outcomes in the form of pretest-posttest, as well as teacher activity observation sheets and student activity sheets. Based on the significant test results (t-test), the value of t_count3.4943> t_tabel2.0560 is obtained. Then Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded: (1) There is a significant influence on the type of cooperative learning model Numbered Heads Together on student learning outcomes. (2) The implementation of learning in terms of teacher activity from 2 meetings, the first meeting scored 93.47% and the second meeting scored 96.73% in the excellent category and student activity from the 2 meetings, the first meeting received a score of 90.6% and the second meeting scored 93.7% in the very category well. Keywords: cooperative learning model type Numbered Heads Together, student learning outcomes, computer assembly.