Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATERI ANIMASI 2D DAN 3D DI SMK NEGERI 1 KAMALPenulis : AHMAD MUADIRROSIDosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI, S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :WANDA RAMANSYAH, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Kreativitas belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 1 Kamal yaitu melalui wawancara dengan Wali kelas XI Multimedia dapat di temuka indikasi bahwa kurangnya kreativitas belajar pada siswa. Dengan berdasarakan indikasi tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas belajar siswa kelas XI Multimedia pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D di SMK Negeri 1 Kamal ditinjau dari 3 kelompok siswa yaitu rendah, sedang dan tinggi. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu indikator kreativitas yang terdiri dari 3 aspek yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan dengan 4 tingkatan rubrik tes kreativitas. Terdapat 3 instrumen penelitian yang di telah dilakukan yaitu tes kognitif, tes psikomotorik, dan wawancara yang dilakukan kepada subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Kamal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Subjek HBT mampu menyelesaikan seluruh tes dan wawancara dengan baik dan sempurna. Subjek HBT dapat memenuh ketiga indikator kreativitas. (2) Subjek HBS mampu menyelesaikan seluruh tes dan wawancara dengan cukup baik. Subjek HBS hanya dapat memenuhi 2 dari 3 indikator kreativitas. (3) Subjek HBR tidak dapat menyelesaikan seluruh tes dan wawancara dengan baik. Subjek HBR hanya dapat memenuhi 1 dari 3 indikator kreativitas. Hal ini menunjukkan bahwa, rata-rata tingkat kreativitas belajar siswa yang ditinjau dari hasil belajar mereka berbeda-beda. Maka, dapat disimpulkan bahwa siswa dan pendidik mampu melakukan tingkat kemampuan berfikir kreatif yang berbeda dan tidak dapat diperlakukan sama. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kreatvitas belajar siswa sangat mempengaruhi hasil belajar itu sendiri. Kata Kunci : kreativitas belajar, hasil belajar, animasi 2D dan 3D
AbstractionABSTRACT Creativity of students to study holding a very important role in learning. Based on the results of observation in state Vocational School 1 Kamal for example through interviews with class XI of Multimedia can be find indications that a lack of creativity learn from the students. With the they would an indication this study aims to learn to know the level creativity grader student of multimedia on the subjects of 2D and 3D animation in Vocational School 1 Kamal kept on a constant review of three groups of students that is low , medium and high. An indicator used in research this is the indicators creativity consisting of 3 aspect that is eloquence , the flexibility and novelty to 4 levels rubrics test creativity. There are 3 research instruments that is in has carried out is to cognitive tests, psychomotor test, and the interview was being done to the subject of study that is student of XI Multimedia in Vocational School 1 Kamal. The research results show that: ( 1 ) Subject HBT able to solve a test and an interview all well and perfect. Subject HBT can comply 3 indicators of creativity. ( 2 ) Subject HBS able to complete the a test and an interview quite well. Subject HBS only comply 2 from 3 indicators of creativity. ( 3 ) Subject HBR is unable to complete the test and interview. Subject could barely comply only 1 from 3 indicators of creativity. This shows that, the average level of creativity student learning reviewed the results of their learning different. So, it can be concluded that students and teachers think creative ability of the different and cannot be treated similarly. From research conducted showed that student learning kreatvitas absolutely influences study results itself. Keywords : creativity learning, study results, animated 2d and 3d