Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH OPERATOR ARITMATIKA DAN LOGIKA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (STUDI KASUS SISWA KELAS X TKJ SMK AL-HIKAM)
    Penulis : Nurul Laili Sa'adah
    Dosen Pembimbing I : Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.pd.
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah pada materi operator aritmatika dan logika mata pelajaran pemrograman dasar berdasarkan gaya belajar siswa SMK AL-HIKAM Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK AL-HIKAM Bangkalan. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar, soal tes essay tentang materi operator aritmatika dan logika, dilanjutkan dengan wawancara hasil soal yang telah diberikan peneliti kepada sampel penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang telah terkumpul kemudian direduksi, ditriangulasi menggunakan triangulasi teknik dan sumber, kemudian dianalisis oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dapat memenuhi empat indikator metakognisi yaitu Prediksi, Perencanaan, Pemantauan, dan Evaluasi. Siswa dengan gaya belajar auditorial hanya dapat memenuhi tiga indikator metakognisi yaitu Prediksi, Perencanaan, dan Pemantauan. Sedangkan, siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya dapat memenuhi dua indikator metakognisi yaitu Prediksi dan Pemantauan. Kesimpulan tersebut didapatkan dari hasil soal tes pemecahan masalah dan wawancara terkait soal tersebut. Kata Kunci : Auditorial, Gaya Belajar, Kinestetik , Metakognisi ,Pemecahan Masalah, Visual

    Abstraction

    Abstract This research aims to describe or depict students ' Metacognition in problem solving in arithmetic and logic operator material subjects basic programming based on learning styles of the students of SMK AL-HIKAM Bangkalan. This research uses descriptive qualitative approach. The subject used are grade SMK X TKJ 2 AL-HIKAM Bangkalan. . The instruments used are now learning styles, test essay question about arithmetic and logic operator material, followed by the results of the interview questions was given to researchers selected research samples with the technique of purposive sampling. Data that has been collected is then reduced, ditriangulasi using triangulation techniques and sources, then analyzed by researchers. The results of this research show that students with a visual learning style can fulfill four indicators of Metacognition, namely prediction, Planning, monitoring, and evaluation. Auditorial learning style students can only meet three indicators of Metacognition, namely prediction, planning, and monitoring. Whereas, kinesthetic learning style students can only meet two indicators of Metacognition, namely monitoring and Prediction. The conclusion obtained from the results of the test problem solving and the related question of the interview. Keywords: Auditorial, Kinaesthetic, Learning Styles, Metacognition, Problem Solving, Visual

Detail Jurnal