Detail Karya Ilmiah
-
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS SISWA KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 2 LAMONGANPenulis : Maulida Eka YulianaDosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Medika Risnasari, S.ST., M.TAbstraksi
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran dasar desain grafis siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 72 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian diperoleh melalui angket kecerdasan emosional dan tes hasil belajar pada mata pelajaran dasar desain grafis. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa 14% siswa memiliki kecerdasan emosional dalam kategori tinggi, 71% dalam kategori sedang, dan 15% dalam kategori rendah. Sedangkan untuk hasil belajar didapat 18% siswa memiiliki hasil belajar dengan kategori tinggi, 72% dalam kategori sedang, dan 10% dalam kategori rendah. Hasil penelitian analisis korelasi product moment diperoleh r_xy = 0.642763213 dan thitung = 10,9216, kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengaan taraf sinifikan 5% maka diperoleh hasil thitung = 10,9216 > ttabel = 1,994 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pada mata pelajaran dasar desain grafis siswa kelas X di SMK Negeri 2 Lamongan. Nilai koefisien determinasi adalah 41.31% yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memberikan pengaruh sebesar 41.31% terhadap hasil belajar, sisanya sebesar 58,69% dipengaruhi oleh faktor lain Kata kunci: kecerdasan emosional, hasil belajar
AbstractionThe purpose of this study is to determine the relationship between emotional intelligence on learning outcomes in basic graphic design subject of X TKJ class of SMK Negeri 2 Lamongan. This study uses a quantitative approach with correlation research design. The sample in this study amounted to 72 students that selected using a saturated sampling technique. The research data was obtained through an emotional intelligence questionnaire and test of learning outcomes in the subject of basic graphic design. Research data shows that 14% of students have emotional intelligence in the high category, 71% in the moderate category, and 15% in the low category. Whereas for learning outcomes obtained 18% of students have learning outcomes with a high category, 72% in the medium category, and 10% in the low category. The results of product moment correlation analysis obtained by rxy = 0.642763213 and tcount = 10.9216, then tcount compared to ttable with a significant level of 5%, then the results of tcount = 10.9216> ttable = 1.994 so that Ho is rejected and Ha is accepted, it means that there is a significant relationship between emotional intelligence and learning outcomes in the basic graphic design subjects of X class at SMK Negeri 2 Lamongan. The coefficient of determination is 41.31% which shows that emotional intelligence has an effect of 41.31% on learning outcomes, the remaining 58.69% is influenced by other factors Keywords: emotional intelligence, learning outcomes