Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X TKJ SMKN 2 BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
    Penulis : Mohammad Naufal Fahmi
    Dosen Pembimbing I : Sigit Dwi Saputro, S.Pd.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :M. Afif Effindi, S.Kom.,M.T
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X TKJ SMKN 2 Bangkalan, (2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran quantum teaching kelas X TKJ SMKN 2 Bangkalan, (3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran quantum teaching kelas X TKJ SMKN 2 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu pada kelas X TKJ yang berjumlah 47 siswa yang terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol. Instumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir tingkat tinggi berupa pretest dan posttest, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Hasil penelitian diperoleh (1) berdasarkan uji signifikansi diperoleh t_hitung = 2,6736 > t_tabel= 2,1009, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaaan model quantum teaching terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mata pelajaran sistem komputer kelas X TKJ di SMKN 2 Bangkalan. Hal ini diperkuat dengan nilai korelasi sebesar 0,533 pada uji regresi linier sederhana yang bersifat positif dengan tingkat pengaruh yang cukup, hasil uji gain ternormalisasi yang mendapatkan rata-rata 0,58 yang berkategori sedang, dan aktifitas siswa sebesar 72% dengan kategori baik. (2) berdasarkan hasil observasi aktivitas guru diperoleh skor rata-rata sebesar 3,67 dengan kategori sangat baik, yang artinya kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran quantum teaching dapat terlaksana baik. (3) berdasarkan hasil respon siswa diperoleh skor sebesar 81,94 dengan kategori sangat kuat, yang artinya proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran quantum teaching siswa merasa nyaman dan berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kata Kunci : quantum teaching, kemampuan berpikir tingkat tinggi

    Abstraction

    This study aims to (1) determine the effect of the quantum teaching learning model on the high order thinking skills of the X TKJ’s students in SMKN 2 Bangkalan, (2) determine the implementation of learning using the quantum teaching learning model on X TKJ class, SMKN 2 Bangkalan, (3) determine student responses towards the application of the quantum teaching learning model on X TKJ class, SMKN 2 Bangkalan. This research is a quasi-experimental design with nonequivalent control group design research design. The sample is a saturated sample, that is class of X TKJ which amounted to 47 students, consisted of 23 students on experimental class and 24 students on control class. The instruments are a high order thinking skills ability test in the form of pretest and posttest, teacher activity observation sheet, student activity observation sheet, and student response questionnaire. The results were obtained (1) based on the significance test obtained t_count = 2,6736 > t_table= 2,1009, then Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant influence on the use of the quantum teaching model on students' high order thinking skills on X TKJ class, SMKN 2 Bangkalan. This is reinforced by a correlation value of 0,533 in a simple linear regression test that is positive with a sufficient level of influence, the results of the normalized gain test that get an average of 0,58 in the medium category, and student activities get an average of 72% in the good category. (2) based on the results of the observation of the teacher's activity obtained a score of 3,67 with a very good category, which means that the ability of teachers in the implementation of the learning process using quantum teaching learning model can be done well. (3) based on the results of student responses obtained a score of 81,94 with a very strong category, which means the learning process using a quantum teaching learning model, students feel comfortable and successful in achieving learning goals. Keywords: quantum teaching, high order thinking skills

Detail Jurnal