Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASARPenulis : TRI ROFIKOH LISWARDANIDosen Pembimbing I : SIGIT DWI SAPUTRO,S.Pd.,M.Pd.Dosen Pembimbing II :PUJI RAHAYU NINGSIH,S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil dan untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X TKJ SMKN 1 Arosbaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis non – equivalent control grup design, pengambilan sampel dengan menggunakan nonprobability sampling teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 49 siswa terbagai menjadi 2 kelas yakni, 23 siswa pada kelas kontrol dan 26 siswa pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda, observasi dan angket minat belajar siswa. Berdasarkan uji siginifikan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil dan belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X TKJ SMKN 1 Arosbaya. Statistik uji t hasil belajar dapat diketahui bahwa nilai thitung 4,5370772 > ttabel 2,055 yang sesuai dengan kaidah pengujian thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa. Kemudian untuk minat belajar siswa diperoleh thitung 5,01166 > ttabel 2,0555. maka Ho2 ditolak. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembalajaran ARIAS terhadap hasil dan minat belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X TKJ SMKN 1 Arosbaya. Kata Kunci : Model pembalajaran ARIAS , Hasil Belajar, Minat belajar
AbstractionABSTRACK This study aims to determine the effect of the ARIAS learning model on the results and to find out the learning interest of students in the basic programming subjects of class X TKJ SMK 1 Arosbaya. This type of research is quantitative research. The research design used was a quasi experimental design with a type of non-equivalent control group design, sampling using a nonprobability sampling saturated sampling technique. The sample used was 49 students divided into 2 classes namely, 23 students in the control class and 26 students in the experimental class. Data collection techniques in this study used multiple choice tests, observations and student learning interest questionnaires. Based on the significant test of the ARIAS learning model on the results and learning of students in the basic programming subjects of class X TKJ SMK 1 Arosbaya. The t test results statistics can be seen that the value of tcount 4.5370772> ttable 2.055 in accordance with the rules of testing tcount> ttable then Ho is rejected and Ha is accepted which means there is an influence of the ARIAS learning model on student learning outcomes. Then for student learning interest obtained tcount 5.01166> ttable 2.0555. then Ho2 is rejected. Based on these calculations it can be concluded that there is an effect of the ARIAS learning model on the results and students' interest in learning on the basic programming subjects of class X TKJ SMK 1 Arosbaya. Keywords: ARIAS learning model, Learning Outcomes, Learning interest