Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK KELAS X TKJ DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM BILANGAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER BERDASARKAN METODE NEWMAN DITINJAU DARI KEPRIBADIAN SISWAPenulis : Erly Matus Sa'idahDosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Muhamad Afif Effindi, S.Kom., M.T.Abstraksi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan siswa kelas X TKJ 1 SMKN 1 Labang dalam menyelesaikan soal pada materi sistem bilangan dengan menggunakan analisis kesalahan Newman ditinjau dari kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket kepribadian, tes tulis dan wawancara. Prosedur pemilihan subjek adalah dengan menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan kepribadian ekstrovert dan 2 siswa dengan kepribadian introvert. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian analisis soal sistem bilangan berdasarkan kesalahan Newman menunjukkan bahwa; 1) subjek ekstrovert telah melakukan kesalahan yang dapat memenuhi 3 indikator Newman, yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, dan kesalahan penulisan jawaban, kesalahan yang dilakukan subjek ekstrovert lebih sedikit daripada subjek introvert. 2) subjek introvert telah melakukan kesalahan yang dapat memenuhi 4 indikator Newman, yaitu kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan ketrampilan memproses, dan kesalahan penulisan jawaban, kesalahan yang dilakukan subjek introvert lebih banyak daripada subjek ekstrovert. Kata-kata Kunci: Kesalahan, Analisis Newman, Sistem Bilangan, dan Kepribadian.
AbstractionThe aim of this research was to identify the types of students error at 10th grade TKJ 1 of SMKN 1 Labang in solving problems on number system topic by using Newman’s error analysis viewed from extroverted and introverted personality. The type of this research is a descriptive qualitative approach. Data collection technique was personality questionare, task and interviews to select research subjects with purposive sampling technique. The subjects in this research were two students with extroverted personality and two students with introverted personality. The validity of the data was determined by technical and source triangulation. The data analysis including reduction, data displays, and conclusion. The results of this research showed as follows. The results of the analysis number system based on Newman’s error analysis were: (1) The extrovert subjects made the mistakes including reading error, comprehension error and encoding error, extrovert subject is fulfilling 3 indicators of Newman, mistakes made by extroverted subjects are fewer than introverted subjects (2) The introvert subjects made the mistakes including comprehension error, transformation error, process skill error, and encoding error, extrovert subject is fulfilling 4 indicators of Newman, mistakes made by the introverted subjects are more than the extroverted subjects. Kayword: Errors, Newman analysis, number system, and personality.